Hasil Pertandingan Cagliari vs Inter Milan: Skor 1-3, Peluang Juara Masih Terbuka

Timnas Indonesia Batal Mengikuti Piala AFF U-23

Salam olahraga sahabat filosofi olahraga,

Timnas U23
Gambar Timnas U-23 (Sumber Foto: bola.okezone.com)

Timnas U-23 batal mengikuti Turnamen piala AFF U-23 Di Kamboja yang sedianya digelar pada 14 sampai 16 Februari 2022. Hal ini, dikonfirmasi langsung oleh PSSI pada hari Jumat, (11 Februari 2022). Batalnya Timnas Indonesia mengikuti turnamen piala AFF U-23 menjadi kekecewaan yang mendalam bagi suporter Timnas Indonesia.

Momen seperti ini seharusnya bisa diantisipasi oleh PSSI, Hal ini menunjukkan pengelolaan PSSI yang masih kurang dalam Upaya antisipasi dalam memproteksi pemain-pemain Timnas yang waktu dekat akan berangkat ke Kamboja untuk mengikuti turnamen piala AFF U-23.

Berikut disajikan beberapa alasan gagalnya Timnas Indonesia mengikuti turnamen piala AFF U-23 di Kamboja.

1. Hanya Menyisakan Satu Orang Kiper

Posisi kiper menjadi posisi yang paling memprihatinkan karena hanya menyisakan satu orang kiper, yaitu Muhammad Riyandi. Itupun, sebelumnya kiper Barito Putra ini terpapar covid-19 dan baru saja usai menjalani masa karantina. Sedangkan kiper kedua Indonesia, Supriyadi menjadi salah satu pemain yang terpapar covid-19.

2. 7 Pemain Terpapar Covid-19

Bisa dibilang ini menjadi alasan utama gagalnya Timnas Indonesia mengikuti turnamen piala AFF U-23. Ada 7 pemain yang terpapar Covid-19. Diantaranya Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo, dan Supriyadi. Selain itu itu ada 4 pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan pemain yang terpapar covid-19. Diantaranya Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marselino Ferdinan.

3. 3 Pemain Cidera

Selain terpapar Covid-19, ada juga pemain yang mengalami cedera. Pemain yang mengalami cidera, diantaranya Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Uniknya, Ketiga pemain tersebut mengalami cedera ketika memperkuat klubnya masing-masing pada lanjutan BRI Liga 1 2021-2022. Ketiga pemain ini masih memperkuat klubnya masing-masing meskipun beberapa pemain telah mengikuti TC Timnas. Artinya ada beberapa pemain yang direlakan oleh Timnas Indonesia U-23 ke klubnya masing-masing untuk melakoni laga di BRI Liga 1 2021-2022 sebelum keberangkatan.

Beberapa alasan di atas sangat mengecewakan, terutama bagi pecinta sepakbola Indonesia yang ingin menyaksikan penampilan Timnas Indonesia yang sejak awal targetnya adalah juara.

Menurut komentator bola Tommy Welly atau yang biasa disapa bung Towel melalui akun Youtube-nya menyatakan, "Turnamen piala AFF U-23 adalah turnamen yang strategis atau paralel dengan Sea Games di Vietnam yang akan diselenggarakan bulan Mei 2022 nanti karena Sea Games nanti juga menggunakan pemain U-23. Jadi sebenarnya AFF U-23 yang pelaksanaannya Februari ini menjadi sangat penting untuk menyongsong atau menghadapi Sea Games bulan Mei nanti, yang targetnya juga emas. Dengan keadaan seperti ini Timnas Indonesia dianggap mengalami kerugian besar karena sebuah event pasti bobotnya lebih besar dari pada pertandingan-pertandingan biasa, uji coba atau friendly match meski itu di FIFA Match Day

Semoga pemain-pemain yang terpapar Covid-19 dan pemain yang cidera cepat pulih, cepat sembuh, dan segera cepat bisa bermain bola kembali memperkuat klub-nya masing-masing dan juga program tim nasional bisa berjalan dengan semestinya, sehingga bisa memberikan hiburan bagi para pecinta bola di tanah air. Besar harapannya, meskipun kehilangan sebuah event, tidak menyurutkan semangat para pemain maupun suporter dalam mendukung Timnas Indonesia di Event-event selanjutnya.

Komentar