Hasil Pertandingan Cagliari vs Inter Milan: Skor 1-3, Peluang Juara Masih Terbuka

ELKAN BAGGOTT: Minta Maaf dan Menegaskan Bersedia Bermain untuk Timnas Indonesia

filosofiolahraga.com. Elkan Baggott menegaskan bahwa dirinya siap membela Timnas Indonesia jika dibutuhkan oleh negara, Jika pelatih Shin Tae-Yong masih membutuhkan jasanya dan memberi kepercayaannya, ia siap untuk membela Timnas.

Elkan Baggot menyampaikan surat permintaan maaf kepada ketua umum PSSI Mochamad Iriawan pada akhir pekan kemarin. Dalam surat itu, Baggot menyampaikan alasannya tidak bergabung dengan Timnas senior di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Foto Elkan Baggot
Foto Elgan Baggot (Sumber: Laman Resmi PSSI)

Sebelumnya, Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan menyayangkan sikap Baggott, seakan ia enggan untuk membela Timnas Indonesia. "Elkan Baggott itu sudah dihubungi beberapa kali, tetapi tampaknya tidak ingin membela Timnas kita" kata Iriawan.

Iriawan mengungkit sikap Baggott karena sebelumnya dia mengejar PSSI agar bisa membela Timnas U-19 Indonesia. "Dulu waktu mau masuk Timnas U-19 Indonesia, (dia) ngejar-ngejar kita", ucap Iriawan. 

"Tapi sekarang ditawari Timnas yang ada, mereka tidak respons," imbuhnya. 

Bahkan ia juga dituding akan memperkuat Negara lain. Pasalnya, selain Indonesia, Baggott juga punya peluang untuk membela Timnas Thailand karena ia terlahir di Bangkok.

Namun, semua itu terbantahkan ketika Baggott bersurat resmi kepada sekjen PSSI Yunus Nusi, ia membantah menolak panggilan PSSI, seperti yang diungkapkan Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan pekan lalu.

Baggott menyatakan alasan ketika tidak bergabung dengan Timnas karena adanya masukan dari Pemerintah Inggris dan klubnya, Ipswich Twon, mengenai resiko perjalanan ke Dubai.

"Saya menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya karena tidak menghadiri pemusatan latihan di Dubai, tulis Baggott.

"Alasannya adalah saat itu pemerintah Inggris dan klub menyarankan supaya saya tidak pergi, karena situasi COVID-19 di Dubai sangat buruk. Jika tetap berangkat, saya akan mendapatkan risiko."

"Sekarang saya bersyukur karena situasi COVID-19 di Inggris dan Indonesia lebih baik setelah banyak yang melakukan vaksinasi. Sekarang saya siap membela Timnas dan mengerahkan kemampuan saya untuk membantu Timnas. Saya berharap anda bisa memaklumi alasan saya."

Dengan surat permintaan maaf yang disampaikan Baggott kepada PSSI. PSSI melalui ketua umumnya memaafkan Baggott, dan membuka peluang pemain yang berusia 19 tahun tersebut untuk membela Timnas kedepannya.

"Kalau dari sudut pandang saya, membela Timnas Indonesia itu adalah hak semua pemain. Kami sudah maafkan dirinya, dan meminta dirinya untuk bergabung ke Timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih," kata Iriawan. 

Demikian info timnas kali ini, semoga bermanfaat.

Salam olahraga.

Komentar